Pedoman Pengaduan

DUGAAN PELANGGARAN YANG DILAKUKAN OLEH HAKIM DAN PEGAWAI

A. Sumber Pengaduan :

  1. Dari masyarakat :
    • Para pencari keadilan;
    • Pengacara;
    • Lembaga bantuan hukum;
    • Lembaga swadaya masyarakat;
    • Dewan perwakilan rakyat;
    • Sekretariat kepresidenan dan wakil presiden;
    • Kantor menteri pendayagunaan aparatur negara;
    • Komisi pemberantasan korupsi;
    • Komisi hukum nasional;
    • Komisi ombudsman nasional;
    • Komisi yudisial;
    • Dan lain-lain.
  2. Pengaduan dari internal lembaga pengadilan. Pengaduan ini ditujukan terhadap aparat lembaga peradilan, yang diajukan oleh warga lembaga peradilan sendiri (termasuk keluarganya).
  3. Laporan kedinasan, ini merupakan laporan resmi dari pimpinan lembaga peradilan mengenai aparat pengadilan yang dipimpinnya.
  4. Informasi dari :
    • Instansi lain;
    • Media massa;
    • Isu yang berkembang.

B. Pengaduan ditujukan kepada lembaga peradilan;

  • Pengaduan ditujukan kepada Kepala Urusan Umum dengan mengatasnamakan pimpinan  dalam hal  ini Ketua atau Wakil Ketua pada Pengadilan Tingkat Pertama atau Pengadilan Tingkat Banding dimana Terlapor bertugas;
  • Ketua atau Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Non Yudisial, atau Ketua Muda Pengawasan dengan tembusan kepada Kepala Badan Pengawasan;

C. Proses penanganan pengaduan;

  1. Pencatatan;
  2. Penelaahan;
  3. Penyaluran;
  4. Pembentukan Tim Pemeriksa;
  5. Survey pendahuluan;
  6. Menyusun rencana pemeriksaan;
  7. Pelaksanaan pemeriksaan.

Materi Pengaduan

Materi pengaduan meliputi hal-hal sebagai berikut :

  1. Pelanggaran terhadap kode etik dan atau pedoman perilaku hakim;
  2. Penyalahgunaan wewenang atau jabatan;
  3. Pelanggaran sumpah jabatan;
  4. Pelanggaran terhadap peraturan PNS atau peraturan disiplin militer;
  5. Perbuatan tercela yaitu berupa perbuatan amoral, asusila atau perbuatan-perbuatan yang tidak selayaknya dilakukan oleh seorang aparat lembaga peradilan, maupun selaku anggota masyarakat;
  6. Pelanggran hukum acara, baik yang dilakukan dengan sengaja maupun karena kelalaian dan ketidakpahaman;
  7. Mal administrasi, yaitu terjadinya kesalahan, kekeliruan atau kelalaian yang bersifat administratif;
  8. Pelayanan publik yang tidak memuaskan yang dapat merugikan pihak-pihak yang berkepentingan serta masyarakat secara umum.

Syarat Penerimaan Pengaduan

Syarat-syarat Pengaduan Diterima Sebagai Berikut :

  1. Pengadilan Agama Lubuk Basung akan menerima setiap pengaduan yang diajukan oleh masyarakat apabila disampaikan secara tertulis oleh pelapor;
  2. Pengadilan Agama Lubuk Basung akan memberikan penjelasan mengenai kebijakan dan prosedur penyelesaian pengaduan pada saat masyarakat mengajukan pengaduan;
  3. Pelapor dianjurkan untuk menggunakan formulir khusus untuk menyampaikan pengaduannya, baik dalam bentuk cetak maupun elektronik (form pengaduan online) di situs resmi Pengadilan Agama Lubuk Basung. Meskipun demikian, pengaduan yang tidak menggunakan formulir khusus tetap akan ditindaklanjuti oleh pihak Pengadilan Agama Lubuk Basung;
  4. Pengadilan Agama Lubuk Basung hanya akan menindaklanjuti pengaduan yang mencantumkan identitas pelapor;
  5. Pengadilan Agama Lubuk Basung hanya akan menindaklanjuti pengaduan yang dilengkapi dengan bukti atau saksi;
  6. Dalam hal Pelapor memiliki kesulitan untuk membaca dan menulis, petugas di Pengadilan Agama Lubuk Basung akan membantu manuangkan pengaduan yang ingin disampaikan pelapor secara tertulis dalam formulir khusus pengaduan.

Hak-hak Pelapor, Terlapor dan Institusi Pemeriksa

A. HAK PELAPOR

  1. Mendapatkan perlindungan kerahasian identitas;
  2. Mendapatkan kesempatan untuk memberikan keterangan secara bebas tanpa paksaan dari pihak manapun;
  3. Mendapatkan informasi mengenai tahapan laporan pengaduan yang didaftarkan;
  4. Mendapatkan perlakukan yang sama dan setara dengan Terlapor dalam pemeriksaan.

B. HAK TERLAPOR

  1. Membuktikan bahwa ia tidak bersalah dengan mengajukan saksi dan alat bukti lain;
  2. Meminta berita acara pemeriksaan (BAP) dirinya.

C. HAK INSTITUSI PEMERIKSA

  1. Merahasiakan kesimpulan dan hasil rekomendasi Laporan Hasil Pemeriksaan kepada pihak Terlapor, Pelapor dan pihak-pihak lain selain kepda Pejabat yang berwenang mengambil keputusan;
  2. Menentukan jangka waktu yang memadai untuk menangani suatu pengaduan berdasarkan tingkat kesulitan penganganan dalam hal jangka waktu yang ditetapkan dalam pedoman ini terlampaui.

Mekanisme Pengaduan

Latar Belakang

Terkadang dalam proses pelaksanaan pelayanan, Pengadilan Agama Lubuk Basung kadangkala tidak selalu dapat memenuhi  harapan masyarakat,  khususnya  para  pencari keadilan.  Bila hal ini terjadi, tentu akan menimbulkan keluhan dan anda merasa tidak puas dengan pelayanan kami. Atau anda melihat/ mendapati tindakan pelanggaran yang bertentangan dengan norma dan kode etik dari aparat / pegawai kami (Hakim / Karyawan), Silahkan buat pengaduan kepada kami yang dilengkapi dengan bukti atau saksi yang dapat dipertanggungjawabkan.

Cara Menyampaikan Pengaduan ke Pengadilan Agama Lubuk Basung

  1. Secara Lisan;

Penyampaian pengaduan secara lisan ini ditujukan kepada pelapor yang memiliki kesulitan dalam membaca dan menulis. Petugas Pelayanan Pengaduan Pengadilan Agama Lubuk Basung nantinya akan membantu menuangkan pengaduan pelapor kedalam formulir khusus pengaduan, tentunya dengan pelapor datang langsung ke Pengadilan Agama Lubuk Basung.

  1. Secara Tertulis:

Menyampaikan surat resmi yang ditujukan kepada Kepala Urusan Umum dengan mengatasnamakan pimpinan  dalam hal  ini  Ketua  Pengadilan  Agama  Lubuk Basung,  dengan  cara  :

  • Diantar langsung ke Kantor Pengadilan Agama Lubuk Basung. Alamat : Jl. Sutan Syahrir No. 2 Lubuk Basung 26415 (samping SAMSAT AGAM);
  • Dikirim melalui Fax : (0752) 66301;
  • Melalui e-mail  : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. atau This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.;
  • Melalui website Pengadilan Agama Lubuk Basung, menu Pengaduan Online.

Untuk pengaduan  secara  tertulis, masyarakat dapat mendownload formulir pengaduan  pada link yang telah kami sediakan. Surat pengaduan wajib  dilengkapi fotocopy  identitas (KTP) pengadu dan dokumen pendukung lainnya serta bukti atau saksi pelanggaran yang dapat dipertanggung jawabkan.

  • Formulir pengaduan dapat didownload disini