logo

SP Smart Slider

Selamat Datang di Website Resmi Pengadilan Agama Lubuk Basung

Selamat datang kami ucapkan kepada seluruh pengunjung Website Resmi Pengadilan Agama Lubuk Basung di manapun anda berada. Kini, hanya dengan mengakses alamat kami di http://pa-lubukbasung.go.id baik dari komputer, laptop, tablet maupun smartphone, anda akan mendapatkan beragam informasi penting, mulai dari prosedur berperkara, jadwal persidangan, berita-berita terbaru dan informasi lainnya.
Selamat Datang di Website Resmi Pengadilan Agama Lubuk Basung

SIPP PERINGKAT I NASIONAL

Pengadilan Agama Lubuk Basung raih Peringkat PERTAMA di KANCAH NASIONAL
SIPP PERINGKAT I NASIONAL

PERINGKAT 7

Pengadilan Agama Lubuk Basung Raih Peringkat ke 7 untuk penerimaan e-court daan e-litigasi se- Wilayah PTA Padang
PERINGKAT 7

Vidio Ucapan Idul Fitri 1441 H raih peringkat 3

Pengadilan Agama Lubuk Basung Raih Peringkat 3 untuk Pembuatan Vidio Ucapan Selamat Idul Fitri 1441H
Vidio Ucapan Idul Fitri 1441 H raih peringkat 3

KOMITMEN BERSAMA ZONA INTEGRITAS

Pembangunan ZonaIntegritasMenuju Wilayah BebasKorupsi (WBK) Wilayah BirokrasiBersihdanMelayani (WBBM) Pengadilan Agama Lubuk Basung
KOMITMEN BERSAMA ZONA INTEGRITAS

Tutorial Penyelesaian Gugatan Ekonomi Syariah

Video yang berisi tentang cara penyelesaian perkara ekonomi syariah dengan acara yang sederhana
Tutorial Penyelesaian Gugatan Ekonomi Syariah

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

SIWAS

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
SIWAS

PA. LUBUK BASUNG

Ketua PA. Lubuk Basung mendapatkan Sertifikat Pembangunan Zona Integritas dari Mahkamah Agung RI
PA. LUBUK BASUNG

KOMITMEN BERSAMA

Untuk Melaksanakan Pelayanan Berstandar Akreditasi Penjaminan Mutu Demi Mewujudkan Indonesia Court Performance Exellent (JCPE) Secara : Cepat, Ramah dan Sopan, Adil, Islami, Transparan, Profesional, Tidak Memihak, Tidak Mempersulit, Menjunjung Tinggi Nilai-Nilai Akuntabilitan dan Integritas Institusi Pengadilan Agama Lubuk Basung, Tidak Menalahgunakan Sarana dan Prasarana serta Fasilitas Pelayanan Publik, Tidak Memberikan Informasi yang Salah dan Menyesatkan Dalam Menanggapi Permintaan Informasi, Proaktif Dalam Memenuhi Kepentingan Masyarakat, Tidak Menyimpang Dari Prosedur, Tdak Menyalahgunakan Informasi, Jabatan dan Wewenang. KOMITMEN BERSAMA
KOMITMEN BERSAMA

JADWAL SIDANG

jwdl sdng

 

Pengadilan Agama memberikan kemudahan akses informasi jadwal sidang untuk para pihak yang sedang berperkara.

BIAYA PERKARA

pnjr Estimasi panjar biaya yang dibayar oleh pihak yang berperkara dalam proses penyelesaian suatu perkara.

 

 SIWAS

 

 

Laporkan Pelanggaran "Kode Etik" di Lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia dan Badan Peradilan di Bawahnya.

 

 SILAT

SILAT

 

 

Melalui SILAT (Sistem Informasi Laporan Tahunan), akan mempermudah dalam kompilasi data dalam penyusunan Laporan Tahunan

 

APLIKASI PERMOHONAN CUTI

ecuti

 

 

Melalui e-Cuti, setiap pegawai dapat mengajukan dan disposisi permohonan cuti oleh pejabat yang berwenang di manapun berada

 

 PUSTAKA

sippabc

Melalui PUSTAKA ONLINE, anda dapat memperoleh informasi terbaru dengan cepat.

 

 

Selamat Datang Di Website Resmi Pengadilan Agama Lubuk Basung .................. Pengadilan Agama Lubuk Basung Berkomitmen Untuk Mensukseskan Pembangunan Zona Integritas (ZI) Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) ......

APLIKASI - APLIKASI  PENDUKUNG

   

   

 

 

Jakarta l Badilag.mahkamahagung.go.id

Tahun ini Ditjen Badilag melanjutkan program akreditasi penjaminan mutu di lingkungan peradilan agama dengan memperluas cakupan. Jika tahun kemarin program akreditasi hanya ditujukan untuk pengadilan-pengadilan tingkat pertama, tahun ini program akreditasi ditujukan pula untuk pengadilan-pengadilan tingkat banding.

Sekretaris Ditjen Badilag H. Tukiran, S.H., M.M. mengatakan, perluasan cakupan akreditasi itu merupakan suatu keniscayaan, mengingat tujuan akhir proses akreditasi adalah meningkatnya kualitas pelayanan dan kepuasan masyarakat.

“Sebagaimana PA, PTA juga memberikan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan, meskipun karakteristiknya tentu berbeda dengan PA. Kita ingin kinerja PTA tersandarisasi dan pelayanannya terus meningkat,” ujarnya, Senin (29/1/2018).

Secara garis besar, program akreditasi di lingkungan peradilan agama tahun ini akan diselenggarakan Ditjen Badilag dalam lima tahap.

Pada tahap pertama, Ditjen Badilag merevisi pedoman akreditasi penjaminan mutu pengadilan tingkat pertama. Saat ini Ditjen Badilag sedang menghimpun masukan-masukan, baik yang disampaikan oleh pengadilan tingkat pertama maupun tingkat banding. Masukan-masukan itu akan diolah sebagai bahan penyempurnaan pedoman akreditasi penjaminan mutu PA/MS.

Pada tahap kedua, Ditjen Badilag menyusun pedoman akreditasi penjaminan mutu pengadilan tingkat banding. Penyusunannya diperkirakan akan lebih cepat dibandingkan penyusunan pedoman  akreditasi penjaminan mutu pengadilan tingkat pertama. Ini karena aspek-aspek manajemen mutu dan administrasi kesekretariatan di pengadilan tingkat banding pada dasarnya sama dengan di pengadilan tingkat pertama. Selain itu, aspek administrasi kepaniteraan dan sarana-prasarana di pengadilan tingkat banding sesungguhnya lebih sederhana dibandingkan di pengadilan tingkat pertama.

Pada tahap ketiga, Ditjen Badilag menyeleksi calon-calon assessor eksternal. Mereka bisa berasal dari pengadilan-pengadilan tingkat banding maupun dari Ditjen Badilag. Seleksi dilakukan dengan memanfaatkan situs e-learning Badilag. Pemenuhan kebutuhan tenaga Assesor yang profesional sangat menentukan beberhasilan program SAPM,  oleh karena itu maka dalam proses rekruitmen akan ditentukan persyaratan dan kualifikasi yang harus dimiliki oleh calon.  Beberapa aspek penting pada seorang Assesor adalah aspek knowledge ( pengetahuan manajerial ), selain itu adalah aspek Skill ( kemampuan kebidangan tugas yang meliputi tugas kepaniteraan dan kesekretariatan). Diharapkan para hakim tinggi dan panitera serta sekretaris pengadilan tingkat banding dapat berperan sebagai assesor. Tentu sebelumnya  Ditjen Badilag akan menetapkan apa saja persyaratan seleksi calon assesor.

Pada tahap keempat, Ditjen Badilag menyelenggarakan pelatihan untuk calon-calon assessor eksternal. Pelatihan akan diadakan dua kali, yaitu pelatihan tingkat dasar dan pelatihan tingkat lanjut. Mereka yang lulus dalam pelatihan ini berhak memperoleh sertifikat selaku assessor eksternal.

Pada tahap kelima atau terakhir, Ditjen Badilag mengadakan penilaian ke satker-satker. Ada tiga jenis penilaian. Pertama, penilaian terhadap PTA/MS Aceh yang akan dilakukan oleh para assessor eksternal dari Ditjen Badilag. Kedua, penilaian terhadap PA/MS yang akan dilakukan oleh para assessor eksternal dari PTA/MS Aceh. Dan ketiga, penilaian surveillanceterhadap PA/MS yang telah meraih sertifikat akreditasi. Penilaian ini juga akan dilakukan oleh para assessor eksternal dari PTA/MS Aceh.

Direncanakan, program akreditasi di lingkungan peradilan agama yang terbagi dalam lima tahap itu akan dimulai pada Februari dan berakhir pada Juli 2018.

Sebagaimana diketahui, pada tahun 2017, sebanyak 98 atau 27 persen pengadilan tingkat pertama di lingkungan peradilan agama berhasil meraih sertifikat akreditasi. Rinciannya, 82 pengadilan tersertifikasi A ekselen dan 16 pengadilan tersertifikasi B.

[hermansyah]

  • Artikel
  • Berita PTA Padang
  • Berita Badilag
  • Berita MA RI
  • Pengumuman MA RI

Hubungi Kami

Pengadilan  Agama Lubuk Basung

Jl Sutan Syahrir No - Lubuk Basung, Kabupaten Agam - Sumatera Barat

Telp :  0752 76040

Fax : 0752 66301

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 google map  facebook  Hasil gambar untuk instagram logo  youtube