Ini Rangkaian Acara Rakor Badilag 2018

Bekasi | Badilag.mahkamahagung.go.id

Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama menyelenggarakan rapat koordinasi dengan Pengadilan Tinggi Agama/Mahkamah Syar’iyah Aceh, Senin hingga Rabu (5-7/2/2018), di Bekasi.

Selain diikuti para Ketua, Wakil Ketua, Panitera dan Sekretaris PTA/MS Aceh, rakor juga dihadiri Ketua beserta para hakim agung dan asisten hakim agung Kamar Agama MA.

Sekretaris MA A.S. Pudjoharsoyo membuka rakor pada Senin sore, kemudian dilanjutkan dengan memberikan pembinaan dan pengarahan.

Malam harinya, rakor diisi dengan pembinaan oleh Dirjen Badilag Dr. H. Abdul Manaf, M.H. Setelah itu, rakor diisi dengan pembinaan oleh para pejabat eselon II Badilag, yaitu Sekretaris Ditjen H. Tukiran, S.H., M.H., Direktur Pembinaan Tenaga Teknis Peradilan Agama Dr. H. M. Fauzan, S.H., M.H., M.M. dan Direktur Pembinaan Administrasi Peradilan Agama Dr. H. Hasbi Hasan, M.H.

Pada Selasa pagi hingga siang, agenda rakor ialah pembinaan oleh para hakim agung Kamar Agama MA yang dipimpin oleh Ketua Kamar Agama MA Dr. H. Amran Suadi, M.H., M.M. Setelah istirahat hingga Selasa sore, rakor diisi dengan sosialisasi Akreditasi Penjaminan Mutu Peradilan Agama oleh Ditjen Badilag.

Pada Selasa malam, para peserta rakor akan dibagi menjadi dua komisi, yaitu komisi teknis yustisial dan komisi non-teknis yustisial.

Komisi teknis yustisial membahas permasalahan yang berkaitan dengan penerapan hukum materiil dan hukum formil di lingkungan peradilan agama.

Sementara itu, Komisi non-teknis yustisial membahas revisi Pedoman Akreditasi Penjaminan Mutu di Lingkungan Peradilan Agama.

Untuk keperluan ini, Komisi non-teknis yustisial dibagi menjadi empat sub-komisi, yaitu administrasi manajemen, administrasi kesekretariatan, administrasi kepaniteraan dan sarana-prasarana pengadilan.

Pada Rabu pagi, tiap-tiap komisi akan menyampaikan hasil rumusannya. Setelah itu, rakor diakhiri dengan acara penutupan.

[hermansyah]