• Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
  • JoomlaWorks Simple Image Rotator
STANDARD OPERATING PROSEDURE (SOP)

STANDARD OPERATING PROSEDURE (SOP) KEPANITERAAN DAN KESEKRETARIATAN
SELENGKAPNYA....
PROSEDUR DAN PROSES BERPERKARA

PROSEDUR DAN PROSES BERPERKARA DI PENGADILAN AGAMA LUBUK BASUNG.
SELENGKAPNYA....
PERSYARATAN PENDAFTARAN PERKARA

PERSYARATAN KELENGKAPAN SURAT/ BERKAS PENGAJUAN PERKARA DI PENGADILAN AGAMA LUBUK BASUNG
SELENGKAPNYA....
PROSEDUR PEMBAYARAN VIA BANK

PROSEDUR PEMBAYARAN PANJAR BIAYA PERKARA LEWAT BANK DI PENGADILAN AGAMA LUBUK BASUNG
SELENGKAPNYA....
PROSEDUR PENGEMBALIAN SISA PANJAR
PROSEDUR PENGEMBALIAN SISA PANJAR BIAYA PERKARA DI PENGADILAN AGAMA LUBUK BASUNG
SELENGKAPNYA....
PROSEDUR PERMOHONAN PRODEO

PROSEDUR BERPERKARA SECARA CUMA-CUMA (PRODEO) DI PENGADILAN AGAMA LUBUK BASUNG.
SELENGKAPNYA....
PROSEDUR EKSEKUSI

PROSEDUR EKSEKUSI DI PENGADILAN AGAMA LUBUK BASUNG.
SELENGKAPNYA....


ketua_sambutan.jpgSelamat datang dan selamat berkunjung kami ucapkan kepada seluruh pengunjung website ini. Salam hangat juga kami sampaikan kepada seluruh pengguna dan pengunjung Situs Resmi Pengadilan Agama Lubuk Basung di manapun anda berada.

Kini, hanya dengan mengakses alamat kami di http://pa-lubukbasung.go.id baik dari komputer, laptop, tablet maupun smartphone, anda akan mendapatkan beragam informasi penting yang kami sajikan, mulai dari prosedur berperkara, jadwal persidangan, berita-berita terbaru dan informasi lainnya yang sangat berharga dan berkaitan dengan penyelenggaraan badan peradilan yang modern, transparan dan akuntabel. Dan menariknya, bagi para pengguna jejaring media sosial facebook, hanya dengan "like" halaman (fanspage) Pengadilan Agama Lubuk Basung, anda akan mendapatkan up-date berita terbaru.

Kami sadari bahwa website ini masih banyak kekurangan baik dari sisi tampilan, menu, maupun informasi dan data. Namun demikian, kami selalu berinovasi dan berkreasi demi terciptanya pelayanan dan penyelenggaraan peradilan yang berbasis pemanfaatan teknologi informasi yang modern dan terintegrasi, khususnya bagi masyarakat pencari keadilan di Kabupaten Agam.

Ketua Pengadilan Agama Lubuk Basung,

Drs. ASLAM

 

Statistik Perkara Tahun 2017
Per Kasus
Per Umur
Per Kecamatan
Home

Hiasi Dirimu Dengan Malu

Email Cetak PDF

Oleh : Ummu Salamah Farosyah


Semoga Allah Ta’ala senantiasa merahmatimu, saudariku… Malu, demikianlah nama sebuah sifat yang sangat lekat ketika kita berbicara tentang wanita. Maka beruntunglah engkau saudariku ketika Allah menciptakanmu dengan sifat malu yang ada pada dirimu! Karena apa? Hal ini tidak lain karena malu adalah bagian dari iman.

Dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah melewati seorang Anshar yang sedang menasehati saudaranya karena sangat pemalu, maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Biarkan dia karena rasa malu adalah bagian dari Iman.” (HR. Bukhari Muslim)


Hakikat rasa malu itu adalah
Sebuah akhlak yang memotivasi diri untuk meninggalkan hal-hal yang buruk dan membentengi diri dari kecerobohan dalam memberikan hak kepada yang berhak menerimanya. Seorang muslimah akan menjauhkan dirinya dari larangan Allah dan selalu menaati Allah disebabkan rasa malunya kepada Allah yang telah memberikan kebaikan padanya yang tidak terhitung.

Perintah yang Dibawa oleh Setiap Nabi
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Sesungguhnya di antara yang didapat manusia dari kalimat kenabian terdahulu ialah: Jika engkau tidak malu, berbuatlah sekehendakmu.” (HR. Bukhari)

Yang dimaksud dengan “kalimat kenabian terdahulu” ialah bahwa rasa malu merupakan akhlaq yang terpuji dan dipandang baik, selalu diperintahkan oleh setiap nabi dan tidak pernah dihapuskan dari syari’at para nabi sejak dahulu.

Dalam hadits ini disebutkan, “Jika engkau tidak malu, maka berbuatlah sesukamu.” Kalimat ini mengandung 3 pengertian, yaitu:

  1. Berupa perintah: Jika perbuatan tersebut tidak mendatangkan rasa malu, maka lakukanlah. Karena perbuatan yang membuat rasa malu jika diketahui orang lain adalah perbuatan dosa.
  2. Berupa ancaman dan peringatan keras: Silahkan kamu melakukan apa yang kamu suka, karena azab sedang menanti orang yang tidak memiliki rasa malu. Berbuat sesuka hati, tidak peduli dengan orang lain.
  3. Berupa berita: Lakukan saja perbuatan buruk yang kamu tidak malu untuk melakukannya.


Malu? Siapa yang punya?
Sifat malu ada dua macam, yaitu:
1. Malu yang merupakan watak asli manusia
Sifat malu jenis ini telah menjadi fitrah dan watak asli dari seseorang. Allah menganugerahkan sifat malu seperti ini kepada siapa saja yang dikehendaki-Nya. Memiliki sifat malu seperti ini adalah nikmat yang besar, karena sifat malu tidak akan memunculkan kecuali perbuatan yang baik bagi hamba-hamba-Nya.
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, dari Imran Ibn Hushain radhiyallahu’anhu:

“Rasa malu itu tidak mendatangkan kecuali kebaikan.” (HR. Bukhari Muslim)


2. Malu yang diupayakan (dengan mempelajari syari’at)
Al-Qurthubi berkata,

“Malu yang diupayakan inilah yang oleh Allah jadikan bagian dari keimanan. Malu jenis inilah yang dituntut, bukan malu karena watak atau tabiat. Jika seorang hamba dicabut rasa malunya, baik malu karena tabiat atau yang diupayakan, maka dia sudah tidak lagi memiliki pencegah yang dapat menyelamatkannya dari perbuatan jelek dan maksiat, sehingga jadilah dia setan yang terkutuk yang berjalan di muka bumi dalam wujud manusia.”


Hati-Hati terhadap Malu yang Tercela
Saudariku, ketahuilah bahwa ada malu yang disebut malu tercela, yaitu malu yang menjadikan pelakunya mengabaikan hak-hak Allah Ta’ala sehingga akhirnya dia beribadah kepada Allah dengan kebodohan. Di antara malu yang tercela adalah malu bertanya masalah agama, tidak menunaikan hak-hak secara sempurna, tidak memenuhi hak yang menjadi tanggung jawabnya, termasuk hak kaum muslimin.

Nah saudariku, kini engkau tahu! Meskipun malu adalah tabiat dasar seorang wanita, sifat ini tidak boleh menghalangimu untuk berbuat kebaikan. Berlomba-lombalah dalam berbuat kebaikan sampai engkau menjadi wanita yang paling mulia di sisi Allah!

Wallahu a’lam...

Sumber : http://rumahkasihsayang.multiply.com/journal/item/127/Hiasi_Dirimu_dengan_Malu


"AKHLAK MALU DAN IMAN"

"Rasa "Malu" merupakan sebagian dari "Iman" yang menjadi akidah dan pedoman hidup kaum Muslimin."


Hadits Riwayat Bukhari Muslim, menjelaskan Rasulullah SAW bersabda: "Iman" itu ada tujuh atau enam puluh cabangnya. Yang paling utama ialah La ilaha Illallah (tidak ada Tuhan selain Allah). Yang paling rendah adalah membuang duri dari jalan. Dan "malu" itu satu cabang dari "iman".

Hadits Riwayat Hakim, sahih berdasarkan syarat Bukhari Muslim, menjelaskan, Rasulullah SAW bersabda:

"Malu" dan "iman" itu dua bagian yang tak dapat dipisahkan. Apabila yang satu hilang maka yang lain pun turut hilang."


Alasan mengapa "malu" merupakan bagian dari "iman", karena "malu" dan "iman" sama-sama menyeru kepada kebajikan dan menolak yang munkar. "Iman" merupakan daya pembangkit bagi orang Mukmin untuk berbuat ketaatan dan meninggalkan maksiat.

Rasa "malu" selalu membimbing orang untuk bersyukur kepada Allah SWT, dan mencegah berbuat buruk atau mengatakannya, karena takut mendapat celaan dan cercaan. Dengan demikian rasa "malu" akan mendatangkan kebaikan sebagaimana Hadits Riwayat Bukhari Muslim sebagai berikut: "Malu" itu tidak datang, kecuali dengan kebaikan."
Dan Hadits Riwayat Bukhari Muslim yang lain: "Malu" itu semuanya baik."

Sedangkan yang kontradiksi dengan "malu" adalah kotor dan keji (tidak punya "malu"), yaitu kotor dalam perkataan, perbuatan dan berkata kasar. Orang Muslim tidak akan berkata kotor dan kasar, tidak pula keras dan bengis, karena sifat-sifat itu adalah sifat-sifat ahli neraka, sedangkan orang Muslim Insya'Allah adalah ahli surga. Sebagaimana Hadits Riwayat Ahmad dengan sanad sahih, menjelaskan Rasulullah SAW bersabda: "Malu" itu sebagian dari "iman". Dan "iman" itu berada dalam surga, sedang kata-kata keji itu sebagian dari kasar dan bengis. Kebengisan itu berada dalam neraka."

Akhlak Rasulullah SAW merupakan teladan setiap Muslimin, dan beliau sangat pe"malu" terhadap gadis, karena khawatir bahaya yang ditimbulkan. Hal ini sebagaimana Hadits Bukhari dari Abu Sa'id al-Khudri: "Apabila Nabi SAW melihat sesuatu yang dibencinya, maka akan kita ketahui dari wajahnya."

Orang Muslimin yang mengajak untuk memelihara rasa "malu" dan menanamkannya pada diri mereka, berarti ia menganjurkan untuk berbuat kebaikan. Karena "malu" sebagian dari "iman", yang merupakan kumpulan segala keutamaan dan unsur segala kebaikan. Sebuah Hadis sahih Riwayat Muttafaq 'alaih, menyebutkan bahwa Rasulullah SAW lewat di depan seorang laki-laki yang sedang memberi nasihat kepada saudaranya tentang "malu", maka Rasulullah SAW bersabda: "Tinggalkanlah ia, karena "malu" itu sebagian dari "iman".

Rasulullah menyuruh untuk menanamkan rasa "malu" pada diri kaum Muslim dan melarang membuangnya.

Seorang Muslim lebih baik kehilangan hartanya dari pada kehilangan rasa "malu", karena "malu" merupakan bagian dari ke"iman"annya untuk berbuat kebaikan. Allah merahmati seorang perempuan yang kehilangan anaknya yang kecil. Perempuan itu pergi ke suatu kaum menanyakan tentang anaknya. Salah seorang dari mereka berkata: Perempuan itu mencari anaknya, tapi ia pakai kerudung. Mendengar itu perempuan tersebut menjawab: Hai laki-laki! Bagiku lebih baik kehilangan anak dari pada hilangnya rasa "malu" pada diriku.

Rasa "malu" pada seorang Muslim tidak akan menghalanginya untuk mengatakan yang hak, mencari ilmu atau amar ma'ruf nahi munkar. Suatu ketika Usamah bin Zaid, orang yang dicintai Nabi SAW meminta tolong kepada beliau dalam suatu masalah, Rasulullah tidak "malu"-"malu" mengatakan kepada Usamah dengan nada marah, sebagaimana Hadits Riwayat Muttafaq 'alaih:

"Apakah kamu mau minta pertolonganku untuk menghindarkan dari hukum yang ditentukan Allah hai Usamah? Demi Allah, jika si Fulanah (seorang perempuan) mencuri, pasti akan dipotong tangannya."

Rasa "malu" juga tidak menghalangi Ummu Sulaim al-Ansariah untuk mengatakan kepada Nabi SAW, sebagaimana dijelaskan Hadits Riwayat Bukhari:

"Ya Rasulullah! Sesungguhnya Allah tidak "malu" untuk menyatakan yang hak. Apakah perempuan wajib mandi jika ia bermimpi? Nabi SAW menjawab: "Benar! jika dia melihat ada air (mani perempuan)."

Seorang Muslim tidak boleh "malu" untuk mempertahankan hak sesamanya. Dan seorang Muslim juga tidak boleh "malu" untuk mengakui kesalahan dan meminta maaf kepada orang lain.

Kaum Muslimin yang memiliki rasa "malu" tidak akan membuka auratnya, mengabaikan kewajiban, menolak yang makruf yang disodorkan orang kepadanya, dan tidak akan bicara yang tidak baik serta tidak akan menghadapi orang dengan cara yang tidak menyenangkan. Orang Muslim akan "malu" kepada Sang Khalik. Ia akan taat kepada-Nya dan mensyukuri nikmat-Nya. Hal itu dikarenakan kekuasaan dan ilmu Allah. Seperti yang dikatakan Ibn Mas'ud yang dijelaskan dalam Hadits Riwayat Munziri, hadits marfu: "Malu"lah kamu kepada Allah dengan sebenar-benarnya. Peliharalah kepalamu dan apa yang disadarinya. Peliharalah perut dan yang dikandungnya serta ingatlah akan mati dan kehancuran."

Hadits Riwayat Bukhari juga menjelaskan, bahwa Rasulullah SAW bersabda:

"Allah lebih berhak agar kamu "malu" kepada.Nya dari pada manusia."

Marilah kita sama-sama memelihara rasa "malu" kita masing-masing, supaya ke"iman"an kita dapat meningkat sehingga kita menjadi ahli surga.

Insya'Allah...

Wallahu a’lam bish-shawabi... (hanya Allah yang Mahatahu Kebenarannya)
Catatan ini kami tujukan untuk kami pada khususnya
dan untuk semua pembaca pada umumnya...
Jika terjadi kesalahan dan kekurangan disana-sini dalam catatan ini...
Itu hanyalah dari kami...
dan kepada Allah SWT., kami mohon ampunan...

Semoga Allah SWT. memberi kekuatan untuk kita amalkan... Amin
Wassalam...

Semoga Bermanfaat dan bisa kita ambil hikmahnya... Amin

Sumber : http://pribadimanfaat.blogspot.com/2013/09/hiasi-dirimu-dengan-malu.html

LAST_UPDATED2  

Add comment


Security code
Refresh

Kisah Inspiratif
Kisah Malik, Putri Kecil dan Ular Besar Kisah Malik, Putri Kecil dan Ular Besar Aku adalah seorang petugas keamanan di masa mudaku dan suka dengan khamr. Aku minum anggur siang ... Read more
Dosa yang Lebih Hebat dari Berzina Dosa yang Lebih Hebat dari Berzina Pada suatu senja yang lenggang, terlihat seorang wanita berjalan terhuyung-huyung. Pakaiannya ya... Read more
SEE-DO-GET SEE-DO-GET Sekelompok wisatawan tertahan di suatu tempat asing di luar kota. Mereka hanya menemukan bah... Read more
Kerdil di Hadapan Sang Pencipta Kerdil di Hadapan Sang Pencipta Beberapa waktu lalu, saya diingatkan oleh salah satu imam masjid, agar ikut sholat hajat sesudah s... Read more
Tidak Seperti Yang Terlihat Tidak Seperti Yang Terlihat Anda sedang sedih merenungi nasib ?  Merasa anda menjalani skenario kehidupan yang tidak menyenangka... Read more
Kisah Wortel, Telur dan Kopi Kisah Wortel, Telur dan Kopi Seorang anak mengeluh pada ayahnya mengenai kehidupannya dan menanyakan mengapa hidup ini terasa be... Read more
1.000 Vs 100.000 1.000 Vs 100.000 Uang Rp.1000 dan Rp 100.000 sama-sama terbuat dari kertas, sama-sama dicetak dan diedarkan oleh da... Read more
Renungan sebuah pernikahan, Antara Harapan dan Kenyataan Renungan sebuah pernikahan, Antara Harapan dan Kenyataan  Saat Fulanah masih seorang gadis, yang ada di benaknya dan yang kemudian menjadi tekadnya adalah... Read more
Pembelajaran Bagi Orang Tua Dalam Memilih Menantu Pembelajaran Bagi Orang Tua Dalam Memilih Menantu  Saudaraku.. Suatu hari Yazid bin Muawiyah ra datang menemui Abu Darda ra untuk menyunting putriny... Read more
Kaya Dan Miskin Kaya Dan Miskin Satu hari, seorang ayah yang berasal dari keluarga kaya membawa anaknya dalam satu perjalanan kel... Read more
Hidup Janganlah Seperti Truk Sampah Hidup Janganlah Seperti Truk Sampah Suatu hari ada sebuah taxi yang menuju ke Bandara. Taxi itu melaju pada jalur yg benar ketika tiba... Read more
Renungan Buat Suami Dan Isteri Renungan Buat Suami Dan Isteri A) WAHAI PARA SUAMI, Apakah membebanimu wahai hamba Allah, untuk tersenyum di hadapan isterimu ... Read more
Asuransi Illahi Asuransi Illahi Ada dua saudagar… salah satunya berasal dari Kuwait dan satunya lagi berasal dari Saudi Arabia... Read more
Dampingi Aku Selamanya... Dampingi Aku Selamanya... Disebuah rumah sederhana yang asri tinggal sepasang suami istri yang sudah memasuki usia senja. P... Read more
10 Wasiat Ibu Kepada Putrinya, Sang Pengantin Baru 10 Wasiat Ibu Kepada Putrinya, Sang Pengantin Baru Wahai anakku, peganglah 10 wasiat ini, insya Allah kebahagiaan akan menjadi milikmu. Pertama, iri... Read more
Menyederhanakan Kriteria Calon Pasangan Hidup Menyederhanakan Kriteria Calon Pasangan Hidup Bisa jadi, menikah menjadi satu-satunya ibadah yang paling banyak dipertimbangkan sebelum seseora... Read more
Hakikat dan Rahasia Ujian Allah Hakikat dan Rahasia Ujian Allah Ujian adalah sebuah keniscayaan dalam kehidupan. Sebagai pribadi biasa atau pribadi yang bertitel... Read more
Kisah Ayah dan Anak Menemukan Kisah Ayah dan Anak Menemukan "Surga" Di suatu sore, seorang anak datang kepada ayahnya yang sedang membaca koran… anak : “Ayah, ayah,” ... Read more
Kisah Tahajjud Seorang Pengangguran Kisah Tahajjud Seorang Pengangguran Bismillahir-Rahmaanir-Rahim .. Banyak orang bergembira selepas lulus kuliah. Namun tidak demikian... Read more
Kisah Jin Penghalang Jodoh Kisah Jin Penghalang Jodoh Ustadz Zunaidi, seorang praktisi Ruqyah Syar’iyah menceritakan salah satu kasus yang ditanganinya.... Read more
Pilihan Bahasa :

Keadaan Perkara

An Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image Slideshow
 
spinner

Log-in

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday465
mod_vvisit_counterYesterday7002
mod_vvisit_counterThis week13089
mod_vvisit_counterLast week22316
mod_vvisit_counterThis month68611
mod_vvisit_counterLast month65338
mod_vvisit_counterAll days3559051
We have: 23 guests, 2 bots online
Your IP: 54.166.150.10
 , 
Today: Okt 20, 2017

Hakim

Pegawai

An Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image Slideshow 
spinner

Situs Terkait











Aplikasi Online Satker

URL Aplikasi Online
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan

Link PA Se-Sumbar

















Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Support Online

Admin Vera
Telephone number of Admin Vera 0752-76040

Secured by Siteground Web Hosting