• Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
  • JoomlaWorks Simple Image Rotator
STANDARD OPERATING PROSEDURE (SOP)

STANDARD OPERATING PROSEDURE (SOP) KEPANITERAAN DAN KESEKRETARIATAN
SELENGKAPNYA....
PROSEDUR DAN PROSES BERPERKARA

PROSEDUR DAN PROSES BERPERKARA DI PENGADILAN AGAMA LUBUK BASUNG.
SELENGKAPNYA....
PERSYARATAN PENDAFTARAN PERKARA

PERSYARATAN KELENGKAPAN SURAT/ BERKAS PENGAJUAN PERKARA DI PENGADILAN AGAMA LUBUK BASUNG
SELENGKAPNYA....
PROSEDUR PEMBAYARAN VIA BANK

PROSEDUR PEMBAYARAN PANJAR BIAYA PERKARA LEWAT BANK DI PENGADILAN AGAMA LUBUK BASUNG
SELENGKAPNYA....
PROSEDUR PENGEMBALIAN SISA PANJAR
PROSEDUR PENGEMBALIAN SISA PANJAR BIAYA PERKARA DI PENGADILAN AGAMA LUBUK BASUNG
SELENGKAPNYA....
PROSEDUR PERMOHONAN PRODEO

PROSEDUR BERPERKARA SECARA CUMA-CUMA (PRODEO) DI PENGADILAN AGAMA LUBUK BASUNG.
SELENGKAPNYA....
PROSEDUR EKSEKUSI

PROSEDUR EKSEKUSI DI PENGADILAN AGAMA LUBUK BASUNG.
SELENGKAPNYA....


ketua_sambutan.jpgSelamat datang dan selamat berkunjung kami ucapkan kepada seluruh pengunjung website ini. Salam hangat juga kami sampaikan kepada seluruh pengguna dan pengunjung Situs Resmi Pengadilan Agama Lubuk Basung di manapun anda berada.

Kini, hanya dengan mengakses alamat kami di http://pa-lubukbasung.go.id baik dari komputer, laptop, tablet maupun smartphone, anda akan mendapatkan beragam informasi penting yang kami sajikan, mulai dari prosedur berperkara, jadwal persidangan, berita-berita terbaru dan informasi lainnya yang sangat berharga dan berkaitan dengan penyelenggaraan badan peradilan yang modern, transparan dan akuntabel. Dan menariknya, bagi para pengguna jejaring media sosial facebook, hanya dengan "like" halaman (fanspage) Pengadilan Agama Lubuk Basung, anda akan mendapatkan up-date berita terbaru.

Kami sadari bahwa website ini masih banyak kekurangan baik dari sisi tampilan, menu, maupun informasi dan data. Namun demikian, kami selalu berinovasi dan berkreasi demi terciptanya pelayanan dan penyelenggaraan peradilan yang berbasis pemanfaatan teknologi informasi yang modern dan terintegrasi, khususnya bagi masyarakat pencari keadilan di Kabupaten Agam.

Ketua Pengadilan Agama Lubuk Basung,

Drs. ASLAM

 

Statistik Perkara Tahun 2017
Per Kasus
Per Umur
Per Kecamatan
Home

Problematika Itsbat Nikah Di Sumatera Barat

Email Cetak PDF

Oleh : Drs. Djahidin (WK PA. Koto Baru)

Itsbat Nikah atau Pengesahan Nikah sering dilakukan untuk mengatasi permasalahan akad nikah yang sudah dilaksanakan, namun tidak tercatat pada Pegawai Pencatat Nikah Kantor Urusan Agama kecamatan.

Itsbat Nikah berasal dari Bahasa Arab yang terdiri dari dua kata yaitu itsbat dan nikah. Itsbat berasal dari kata “اٍثْبَاتًا – يُثْبِتُ – اَثْبَتَ” yang artinya “menetapkan”. Sedangkan kata nikah berasal dari kata “نِكَاحًا – يَنْكِحُ – نَكَحَ” yang secara istilah fiqh/hukum Islam adalah “Akad yang sangat kuat atau miitsaaqan ghaliizhan untuk mentaati perintah Allah dan melaksanakannya merupakan ibadah” (pasal 2 Kompilasi Hukum Islam) dan pernikahan juga senonim dengan perkawinan

Menurut Undang-undang Nomor  1 Tahun 1974 tentang perkawinan dalam pasal 1 disebutkan bahwa “Perkawinan ialah ikatan lahir batin antara seorang peria dengan seorang wanita sebagai suami isteri dengan tujuan membentuk keluarga yang bahagia dan kekal berdasarkan Ketuhanan Yang Mahaesa”.

Dalam pasal 2 ayat (1) Undang-undang tersebut menerangkan bahwa “Perkawinan adalah sah apabila dilakukan menurut hukum masing-masing agamanya dan kepercayaan nya itu”. Keabsahan perkawinan ini  dipertegas lagi dengan pasal 4 Kompilasi Hukum Islam yaitu “Perkawinan adalah sah apabila dilakukan menurut hukum Islam, sesuai dengan pasal 2 ayat (1) Undang-undang Nomor  1 tahun 1974

Selain dari pelaksanaan pernikahan menurut Islam, pernikahan tersebut juga harus dicatat oleh Pegawai Pencatat Nikah pada Kantor Urusan Agama Kecamatan untuk menyempurnakan administrasi kependudukan sehingga Pegawai Pencatat Nikah harus menerbitkan suatu akta dari pernikahan tersebut.

Walaupun demikian sampai sekarang masih banyak dikalangan masyarakat pernikahannya tidak tercatat di Pegawai Pencatat Nikah Kantor Urusan Agama Kecamatan. Hal ini disebabkan karena beberapa permasalahan, Pertama karena kelalaian dari Pembantu Pegawai Pencatat Nikah yang ditugaskan di tingkat kelurahan atau kenagarian, yang tidak melaporkan perkawinan yang mereka laksanakan ke Pegawai Pencatat Nikah pada Kantor Urusan Agama Kecamatan walaupun mereka telah memenuhi persyaratan administrasnya. Penyebab kedua adalah saat sepasang calon mempelai, apakah mereka berdua atau bersama walinya, karena sesuatu dan lain hal memaksakan diri untuk dinikahkan oleh seorang Ulama atau seorang mantan Pembantu Pegawai Pencatat Nikah yang sekarang tidak bertugas lagi. Penyebab Ketiga saat sepasang calon mempelai bersama wali nikahnya telah mendaftarkan diri ke Pegawai Pencatat Nikah pada Kantor Urusan Agama Kecamatan, namun karena kekurangan syarat administrasi bagi salah seorang calon mempelai yaitu tidak adanya NA dari Wali Nagari/ Lurah karena tidak ada izin dari mamak (sudara laki-laki ibu) dari salah seorang calon mempelai sesuai dengan adat istiadat di Sunatera Barat, akhirnya Pegawai Pencatat Nikah tidak mau menikahkan kedua calon mempelai tersebut, apalagi untuk menerbitkan akta nikahnya.

Akibat dari hal tersebut. akhirnya kedua calon mempelai tersebut nekad untuk datang kepada seorang Ulama (bukan petugas) atau mantan Pembantu Pegawai Pencatat Nikah untuk dinikahkan, barang tentu pernikahan tersebut tidak memiliki Buku Kutipan Akta Nikah.

Dari ketiga penyebab tersebut, penulis akan mencoba menggali dan membahas tentang penyebab ketiga, yaitu karena tidak adanya NA dari Wali Nagari karena tidak ada izin dari mamak salah seorang calon mempelai. Dalam hal ini Penulis mencoba membahas tentang dua sisi.

Pertama apakah Pegawai Pencatat Nikah pada Kantor Urusan Agama Kecamatan boleh menikahkan mereka tanpa ada NA dari Wali Nagari yang disebabkan tidak ada izin dari mamak calon mempelai. Kedua, andai kata karena stuasi dan kondisi tertentu mereka memaksakan diri menikah dihadapan seorang Ulama (bukan Petugas) atau dihadapan mantan pembantu Pegawai Pencatat Nikah yang jelas tidak mempunyai Akta Nikah, lalu sekarang mereka minta Itsbat Nikah ke Pengadilan Agama, apakah pernikahan tersebut dapat di itsbatkan, walaupun pernikahan mereka baru dilaksanakan dari tahun 2011 keatas.

Berdasarkan pasal 4 Kompilasi Hukum Islam Pernikahan dilaksanakan menurut hukum Islam dengan cara memenuhi segala rukun-rukun nikah yang terdiri dari calon mempelai pria, calon mempelai wanita, wali nikah, dua orang saksi serta ijab kabul yang dilengkapi dengan mahar yang harus diserahkan mempelai pria kepada mempelai wanita. Kesemua rukun nikah tersebut harus memenuhi syaratnya masing-masing, sebagaimana yang terurai dalam buku-buku fiqih yang telah dituangkan dalam pasal 14  Kompilasi Hukum Islam .

Berdasarkan pasal 2 ayat (2) Undang-undang Nomor  1 tahun 1974  jo pasal 5 ayat (1) dan (2) Kompilasi Hukum Islam, setelah pernikahan tersebut dilaksanakan secara sah menurrut hukum Islam, pernikahan tersebut harus dicatat agar terjamin ketertiban perkawinan bagi masyarakat Islam. Untuk mencatat perkawinan tersebut memerlukan beberapa persyaratan administrasi, antara lain NA dari Wali Nagari atau Lurah berdasarkan izin dari mamak (paman pihak ibu) dari salah satu atau kedua calon mempelai.

Saat kedua calon mempelai telah melaporkan perencanaannya untuk menikah kepada Pegawai Pencatat Nikah, sering kedua keluarga calon mempelai sudah sepakat menentukan hari pernikahan dan hari pesta, bahkan sampai kepada menebarkan surat undangan pesta kepada masyarakat. Walaupun demikian tidak semua pernikahan yang telah direncanakan tersebut terlaksana di depan Pegawai Pencatat Nikah, karena sebagian dari Wali Nagari/Lurah ada yang tidak mau menerbitkan NA, mereka disebabkan mamak mereka/ mamak salah satu calon mempelai tidak memberi izin atas pernikahan mereka. Karena Pegawai Pencatat Nikah tidak mau menikahkan, akhirnya mereka menikah didepan orang yang bukan/tidak seizin Pegawai Pencatat Nikah Kantor Urusan Agama Kecamatan, walaupun mereka telah mendaftarkan pernikahan mereka dan telah memenuhi persyaratannya selain NA tersebut.

Menurut Penulis dalam masalah ini perlua ada pemilahan dan pertimbangan lain. Izin mamak pada dasarnya memang ada nilai positifnya, yaitu untuk menyambung silaturrahim antara keluarga besar mempelai peria dengan keluarga besar mempelai wanita, sehingga dengan pernikahan dua orang calon mempelai peria dengan calon mempelai wanita tersambung pula hubungan silaturrahim antara dua keluarga besar tersebut. Namun pada saat-saat tertentu, persyratan tersebut harus dikesampingkan, terutama disaat mamak (saudara laki-laki ibu) tidak mau memberi izin pernikahan keponakannya tanpa alasan syar’i. Karena hal ini mempersulit pelaksanaan akad nikah, sedangkan pernikahan tersebut disunatkan bahkan ada yang diwajibkan hukumnya menurut hukum Islam, tergantung stuasi dan kondisi masing-masing calon mempelai.

Dalam hal ini Nabi pernah menjelaskan bahwa “dalam ajaran agama Islam ini tidak ada kesulitan dan tidak boleh mempersulit”. Tujuan dari Hadits Nabi ini dituangkan dalam sebuah kaedah Ushul Fiq yang artinya “Keadaan darurat itu membolehkan untuk melakukan suatu hal yang terlarang”. Dalam kondisi yang normal, bagi calon mempelai yang tidak memenuhi persyaratan administratif, pernikahannya tidak dapat dilaksanakan di depan Pegawai Pencatat Nikah pada Kantor Urusan Agama Kecamatan, namun apabila dalam kondisi tersebut diatas apalagi kondisi calon mempelai sudah sangat mendesak untuk menikah karena sesuatu dan lain hal, sebaiknya Pegawai Pencatat Nikah Kantor Urusan Agama Kecamatan boleh mengenyampingkan sebagian persyaratan administrasi itu dan tetap menikahkan orang tersebut sekaligus menerbitkan Buku Kutipan Akta Nikahnya, karena izin mamak tersebut tidak termasuk dalam rukun dan syarat pernikahan, baik menurut Hukum Islam maupun menurut Perundang-undangan yang berlaku.

Berdasarkan pasal 7 ayat (1) Kompilasi Hukum Islam menjelaskan bahwa “Perkawinan hanya dapat dibuktikan dengan Akta Nikah yang dibuat oleh Pegawai Pencatat Nikah”, ayat (2) nya menyebutkan “Dalam hal perkawinan tidak dapat dibuktikan dengan Akta Nikah, dapat diajukan itsbat nikahnya ke Pengadilan Agama”. Itsbat Nikah yang sering dilaksanakan selama ini adalah terhadap perkawinan yang dilaksanakan oleh Pegawai Pencatat Nikah yang diperbantukan di tingkat Kelurahan atau Kenagarian. karena tidak dilaporkan ke Pegawai Pencatat Nikah pada Kantor Urusan Agama Kecamatan, akhirnya kedua mempelai tidak mendapatkan Buku Kutipan Akta Nikah.

Sejak dari awal tahun 2011 pernikahan harus dilaksanakan didepan atau sepengetahuan Pegawai Pencatat Nikah pada Kantor Urusan Agama Kecamatan, namun karena penyebab tersebut diatas masih ada pernikahan dari tahun 2011 keatas yang tidak terdaftar pada Pegawai Pencatat Nikah Kantor Urusan Agama Kecamatan, sehingga mereka tidak mendapatkan Buku Kutipan Akta Nikah. Karena untuk kepentingan dalam beberapa hal akhirnya kedua mempelai tersebut mengajukan Itsbat Nikah ke Pengadilan Agama.

Terhadap kasus yang seperti ini, sebaiknya Majelis Hakim juga betul-betul mempelajari tentang penyebab tidak tercatatnya pernikahan seseorang pada Pegawai Pencatat Nikah Kantor Urusan Agama Kecamatan. Kalau memang tidak tercatatnya pernikahan mereka bukan karena kelalaian mereka tetapi karena faktor lain yang bukan syar’i, maka Majelis Hakim sebaiknya mempertimbangkan sebagaimana pada pertimbangan diatas, agar mereka terlepas dari kesulitan yang bukan disebabkan oleh mereka sendiri.

KESIMPULAN

Dalam  penulisan yang sangat sederhana ini Penulis dapat menyimpulkan sebagai berikut :

  1. Pernnikahan yang telah direncanakan dan telah di daftarkan ke Pegawai Pencatat Nikah Kantor Urusan Agama Kecamatan, akan tetapi terdapat kekurangan persyaratan administrasi yang tidak prinsip/ tidak menghalangi keabsahan nikah menurut hukum Islam, seperti tidak adanya izin dari mamak calon mempelai, sebaiknya tetap dilaksanakan oleh Pegawai Pencatat Nikah Kantor Urusan Agama Kecamatan sekaligus menerbitkan Buku Kutipan Akta Nikahnya.
  2. Terhadap pernikahan yang tidak memenuhi persyratan administratif sebagai mana pada angka 1, yang pernikahannya tidak dilaksanakan oleh Pegawai Pencatat Nikah Kantor Urusan Agama Kecamatan, lalu mereka menikah didepan selain petugas, sebaiknya Pengadilan Agama mengabulkan permohonan Itsbat Nikah yang mereka ajukan demi untuk kemaslahatan umat.

 

Demikian sekelumit tulisan yang dapat Penulis sampaikan dalam kesempatan ini, atas keritikan dan masukan yang menuju kepada perbaikan dan penyempurnaan tulisan ini sangat Penulis harapkan dari Pembaca yang budiman, terima kasih.

 

Wassalam Penulis

 

Add comment


Security code
Refresh

Kisah Inspiratif
Kisah Malik, Putri Kecil dan Ular Besar Kisah Malik, Putri Kecil dan Ular Besar Aku adalah seorang petugas keamanan di masa mudaku dan suka dengan khamr. Aku minum anggur siang ... Read more
Dosa yang Lebih Hebat dari Berzina Dosa yang Lebih Hebat dari Berzina Pada suatu senja yang lenggang, terlihat seorang wanita berjalan terhuyung-huyung. Pakaiannya ya... Read more
SEE-DO-GET SEE-DO-GET Sekelompok wisatawan tertahan di suatu tempat asing di luar kota. Mereka hanya menemukan bah... Read more
Kerdil di Hadapan Sang Pencipta Kerdil di Hadapan Sang Pencipta Beberapa waktu lalu, saya diingatkan oleh salah satu imam masjid, agar ikut sholat hajat sesudah s... Read more
Tidak Seperti Yang Terlihat Tidak Seperti Yang Terlihat Anda sedang sedih merenungi nasib ?  Merasa anda menjalani skenario kehidupan yang tidak menyenangka... Read more
Kisah Wortel, Telur dan Kopi Kisah Wortel, Telur dan Kopi Seorang anak mengeluh pada ayahnya mengenai kehidupannya dan menanyakan mengapa hidup ini terasa be... Read more
1.000 Vs 100.000 1.000 Vs 100.000 Uang Rp.1000 dan Rp 100.000 sama-sama terbuat dari kertas, sama-sama dicetak dan diedarkan oleh da... Read more
Renungan sebuah pernikahan, Antara Harapan dan Kenyataan Renungan sebuah pernikahan, Antara Harapan dan Kenyataan  Saat Fulanah masih seorang gadis, yang ada di benaknya dan yang kemudian menjadi tekadnya adalah... Read more
Pembelajaran Bagi Orang Tua Dalam Memilih Menantu Pembelajaran Bagi Orang Tua Dalam Memilih Menantu  Saudaraku.. Suatu hari Yazid bin Muawiyah ra datang menemui Abu Darda ra untuk menyunting putriny... Read more
Kaya Dan Miskin Kaya Dan Miskin Satu hari, seorang ayah yang berasal dari keluarga kaya membawa anaknya dalam satu perjalanan kel... Read more
Hidup Janganlah Seperti Truk Sampah Hidup Janganlah Seperti Truk Sampah Suatu hari ada sebuah taxi yang menuju ke Bandara. Taxi itu melaju pada jalur yg benar ketika tiba... Read more
Renungan Buat Suami Dan Isteri Renungan Buat Suami Dan Isteri A) WAHAI PARA SUAMI, Apakah membebanimu wahai hamba Allah, untuk tersenyum di hadapan isterimu ... Read more
Asuransi Illahi Asuransi Illahi Ada dua saudagar… salah satunya berasal dari Kuwait dan satunya lagi berasal dari Saudi Arabia... Read more
Dampingi Aku Selamanya... Dampingi Aku Selamanya... Disebuah rumah sederhana yang asri tinggal sepasang suami istri yang sudah memasuki usia senja. P... Read more
10 Wasiat Ibu Kepada Putrinya, Sang Pengantin Baru 10 Wasiat Ibu Kepada Putrinya, Sang Pengantin Baru Wahai anakku, peganglah 10 wasiat ini, insya Allah kebahagiaan akan menjadi milikmu. Pertama, iri... Read more
Menyederhanakan Kriteria Calon Pasangan Hidup Menyederhanakan Kriteria Calon Pasangan Hidup Bisa jadi, menikah menjadi satu-satunya ibadah yang paling banyak dipertimbangkan sebelum seseora... Read more
Hakikat dan Rahasia Ujian Allah Hakikat dan Rahasia Ujian Allah Ujian adalah sebuah keniscayaan dalam kehidupan. Sebagai pribadi biasa atau pribadi yang bertitel... Read more
Kisah Ayah dan Anak Menemukan Kisah Ayah dan Anak Menemukan "Surga" Di suatu sore, seorang anak datang kepada ayahnya yang sedang membaca koran… anak : “Ayah, ayah,” ... Read more
Kisah Tahajjud Seorang Pengangguran Kisah Tahajjud Seorang Pengangguran Bismillahir-Rahmaanir-Rahim .. Banyak orang bergembira selepas lulus kuliah. Namun tidak demikian... Read more
Kisah Jin Penghalang Jodoh Kisah Jin Penghalang Jodoh Ustadz Zunaidi, seorang praktisi Ruqyah Syar’iyah menceritakan salah satu kasus yang ditanganinya.... Read more
Pilihan Bahasa :

Keadaan Perkara

An Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image Slideshow
 
spinner

Log-in

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday997
mod_vvisit_counterYesterday2363
mod_vvisit_counterThis week15189
mod_vvisit_counterLast week12138
mod_vvisit_counterThis month29474
mod_vvisit_counterLast month76053
mod_vvisit_counterAll days3707669
We have: 56 guests, 1 bots online
Your IP: 54.196.182.102
 , 
Today: Des 16, 2017

Hakim

Pegawai

An Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image Slideshow 
spinner

Situs Terkait











Aplikasi Online Satker

URL Aplikasi Online
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan

Link PA Se-Sumbar

















Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Support Online

Admin Vera
Telephone number of Admin Vera 0752-76040

Secured by Siteground Web Hosting