• Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
  • JoomlaWorks Simple Image Rotator
STANDARD OPERATING PROSEDURE (SOP)

STANDARD OPERATING PROSEDURE (SOP) KEPANITERAAN DAN KESEKRETARIATAN
SELENGKAPNYA....
PROSEDUR DAN PROSES BERPERKARA

PROSEDUR DAN PROSES BERPERKARA DI PENGADILAN AGAMA LUBUK BASUNG.
SELENGKAPNYA....
PERSYARATAN PENDAFTARAN PERKARA

PERSYARATAN KELENGKAPAN SURAT/ BERKAS PENGAJUAN PERKARA DI PENGADILAN AGAMA LUBUK BASUNG
SELENGKAPNYA....
PROSEDUR PEMBAYARAN VIA BANK

PROSEDUR PEMBAYARAN PANJAR BIAYA PERKARA LEWAT BANK DI PENGADILAN AGAMA LUBUK BASUNG
SELENGKAPNYA....
PROSEDUR PENGEMBALIAN SISA PANJAR
PROSEDUR PENGEMBALIAN SISA PANJAR BIAYA PERKARA DI PENGADILAN AGAMA LUBUK BASUNG
SELENGKAPNYA....
PROSEDUR PERMOHONAN PRODEO

PROSEDUR BERPERKARA SECARA CUMA-CUMA (PRODEO) DI PENGADILAN AGAMA LUBUK BASUNG.
SELENGKAPNYA....
PROSEDUR EKSEKUSI

PROSEDUR EKSEKUSI DI PENGADILAN AGAMA LUBUK BASUNG.
SELENGKAPNYA....


ketua_sambutan.jpgSelamat datang dan selamat berkunjung kami ucapkan kepada seluruh pengunjung website ini. Salam hangat juga kami sampaikan kepada seluruh pengguna dan pengunjung Situs Resmi Pengadilan Agama Lubuk Basung di manapun anda berada.

Kini, hanya dengan mengakses alamat kami di http://pa-lubukbasung.go.id baik dari komputer, laptop, tablet maupun smartphone, anda akan mendapatkan beragam informasi penting yang kami sajikan, mulai dari prosedur berperkara, jadwal persidangan, berita-berita terbaru dan informasi lainnya yang sangat berharga dan berkaitan dengan penyelenggaraan badan peradilan yang modern, transparan dan akuntabel. Dan menariknya, bagi para pengguna jejaring media sosial facebook, hanya dengan "like" halaman (fanspage) Pengadilan Agama Lubuk Basung, anda akan mendapatkan up-date berita terbaru.

Kami sadari bahwa website ini masih banyak kekurangan baik dari sisi tampilan, menu, maupun informasi dan data. Namun demikian, kami selalu berinovasi dan berkreasi demi terciptanya pelayanan dan penyelenggaraan peradilan yang berbasis pemanfaatan teknologi informasi yang modern dan terintegrasi, khususnya bagi masyarakat pencari keadilan di Kabupaten Agam.

Ketua Pengadilan Agama Lubuk Basung,

Drs. ASLAM

 

Statistik Perkara Tahun 2017
Per Kasus
Per Umur
Per Kecamatan
Home

Berhati-hati Diusia 40 Tahun

Email Cetak PDF

Ramai tidak sedar dalam al-Quran ada menyentuh tentang usia ini. Tentu ada yang sangat penting, perlu diperhatikan dan diambil serius akan perkara ini. Allah swt. berfirman,

حَتَّى إَذَا بَلَغَ أَشُدَّهُ وَبَلَغَ أَرْبَعِيْنَ سَنَةً قَالَ رَبِّ أَوْزِعْنِى أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِى أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَى وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَصْلِحْ لِى فِى ذُرِّيَّتِى إِنِّى تُبْتُ إِلَيْكَ وَإِنِّى مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ

"Apabila dia telah dewasa dan usianya sampai empat puluh tahun, ia berdoa, “Ya Tuhanku, tunjukkanlah aku jalan untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapaku dan supaya aku dapat berbuat amal yang soleh yang engkau redhai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang muslim.” (al-Ahqaf: 15)

Usia 40 tahun disebut dengan jelas dalam ayat ini. Pada usia inilah manusia mencapai puncak kehidupannya baik dari segi fizikal, intelektual, emosi, mahupun spiritualnya. Benar-benar telah meninggalkan usia mudanya dan melangkah ke usia dewasa yang sebenar.

Doa yang terdapat dalam ayat tersebut dianjurkan untuk dibaca oleh mereka yang berusia 40 tahun dan ke atas. Di dalamnya terkandung penghuraian yang jelas bahawa mereka; telah menerima nikmat yang sempurna, kecenderungan untuk beramal yang positif, telah mempunyai keluarga yang harmoni, kecenderungan untuk bertaubat dan kembali kepada Allah

Pada ayat yang lain, firman Allah;

أَوَلَمْ نُعَمِّرْكُمْ مَا يَتَذَكَّرُ فِيْهِ مَنْ تَذَكَّرَ وَجَاءَكُمُ النَّذِيْرُ

Apakah Kami tidak memanjangkan umurmu dalam tempoh yang cukup untuk berfikir bagi orang-orang yang mahu berfikir, dan (apakah tidak) datang kepadamu pemberi peringatan? (al-Fathir: 37)

Menurut Ibnu Abbas, Hasan al-Bashri, al-Kalbi, Wahab bin Munabbih, dan Masruq, yang dimaksud dengan “umur panjang dalam tempoh yang cukup untuk berfikir” dalam ayat tersebut tidak lain adalah ketika berusia 40 tahun.

Menurut Ibn Kathir, ayat ini memberikan petunjuk bahawa manusia apabila menjelang usia 40 tahun hendaklah memperbaharui taubat dan kembali kepada Allah dengan bersungguh2.

Apabila itu berlaku menjelang usia 40 tahun, maka Allah memberikan janjiNya dalam ayat selepas itu: (maksudnya) Kematangan.

Usia 40 tahun adalah usia matang untuk kita bersungguh-sungguh dalam hidup. Mengumpulkan pengalaman, menajamkan hikmah dan kebijaksanaan, membuang kejahilan ketika usia muda, lebih berhati-hati, melihat sesuatu dengan hikmah dan penuh penelitian. Maka tidak hairan tokoh-tokoh pemimpin muncul secara matang pada usia ini. Bahkan Nabi s.a.w, seperti yang disebut oleh Ibn ‘Abbas:

“Dibangkitkan Rasulullah s.a.w pada usia 40 tahun” (riwayat al-Bukhari).
Nabi Muhammad saw. diutus menjadi nabi tepat pada usia 40 tahun. Begitu juga dengan nabi2 yang lain, kecuali Nabi Isa as. dan Nabi Yahya as.

Banyak negara menetapkan untuk menduduki jabatan2 elit seperti ketua negara, disyaratkan bakal calon harus telah berusia 40 tahun. Masyarakat sendiri mengakui prestasi seseorang mantap tatkala orang itu telah berusia 40 tahun. Soekarno menjadi presiden pada usia 44 tahun. Soeharto menjadi presiden pada umur 46 tahun. J.F. Kennedy 44 tahun. Bill Clinton 46 tahun. Paul Keating 47 tahun. Sementara Tony Blair 44 tahun.

Mengapa umur 40 tahun begitu penting.

Menurut Ibnu Qayyim Al-Jauziyah usia manusia diklasifikasikan menjadi 4 (empat) period, iaitu
1. Kanak-kanak ( sejak lahir hingga akil baligh )
2. Muda atau syabab ( sejak akil baligh hingga 40 tahun )
3. Dewasa ( 40 tahun hingga 60 tahun )
4. Tua atau syaikhukhah ( 60 tahun hingga mati )

Usia 40 tahun adalah usia ketika manusia benar-benar meninggalkan masa mudanya dan beralih kepada masa dewasa penuh. Kenyataan yang paling menarik pada usia 40 tahun ini adalah meningkatnya minat seseorang terhadap agama sedangkan semasa mudanya jauh sekali dengan agama. Seolah-olah macam satu fitrah di usia ini ramai yang mula menutup aurat dan mendekati kuliah-kuliah agama.

Salah satu keistimewaan usia 40 tahun tercermin dari sabda Rasulullah saw.,

لعَبْدُ الْمُسْلِمُ إِذَا بَلَغَ أَرْبَعِيْنَ سَنَةً خَفَّفَ اللهُ تَعَالَى حِسَابَهُ ، وَإِذَا بَلَغَ سِتِّيْنَ سَنَةً رَزَقَهُ اللهُ تَعَالَى الْإِنَابَةَ إِلَيْهِ ، وَإِذَا بَلَغَ سَبْعِيْنَ سَنَةً أَحَبَّهُ أَهْلُ السَّمَاءِ ، وَإِذَا بَلَغَ ثَمَانِيْنَ سَنَةً ثَبَّتَ اللهُ تَعَالَى حَسَنَاتِهِ وَمَحَا سَيِّئَاتِهِ ، وَإِذَا بَلَغَ تِسْعِيْنَ سَنَةً غَفَرَ اللهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ وَمَا تَأَخَّرَ وَشَفَّعَهُ اللهُ تَعَالَى فِى أَهْلِ بَيْتِهِ ، وَكَتَبَ فِى السَّمَاءِ أَسِيْرَ اللهِ فِى أَرْضِهِ – رواه الإمام أحمد

"Seorang hamba muslim bila usianya mencapai 40 tahun, Allah akan meringankan hisabnya (perhitungan amalnya). Jika usianya mencapai 60 tahun, Allah akan memberikan anugerah berupa kemampuan kembali (bertaubat) kepadaNya. Bila usianya mencapai 70 tahun, para penduduk langit (malaikat) akan mencintainya. Jika usianya mencapai 80 tahun, Allah akan menetapkan amal kebaikannya dan menghapus amal keburukannya. Dan bila usianya mencapai 90 puluh tahun, Allah akan mengampuni dosa-dosanya yang telah lalu dan dosa-dosanya yang dahulu, Allah juga akan memberikan pertolongan kepada anggota keluarganya, serta Allah akan mencatatnya sebagai tawanan Allah di bumi. (riwayat Ahmad)

Hadis ini menyebut usia 40 tahun paling awal memiliki komitmen terhadap penghambaan kepada Allah swt. sekaligus konsisten terhadap Islam, maka Allah swt. akan meringankan hisabnya. Orang yang usianya mencapai 40 tahun mendapatkan keistimewaan berupa hisabnya diringankan. Tetapi umur 40 tahun merupakan saat harus berhati2 juga. Ibarat waktu, orang yang berumur 40 tahun mungkin sudah masuk senja. Abdullah bin Abbas ra. dalam suatu riwayat berkata, “Barangsiapa mencapai usia 40 tahun dan amal kebajikannya tidak mantap dan tidak dpt mengalahkan amal keburukannya, maka hendaklah ia bersiap-siap ke neraka.”

Imam asy-Syafi’i tatkala mencapai usia 40 tahun, beliau berjalan sambil memakai tongkat. Jika ditanya, jawab beliau, “Agar aku ingat bahwa aku adalah musafir. Demi Allah, aku melihat diriku sekarang ini seperti seekor burung yang dipenjara di dalam sangkar. Lalu burung itu lepas di udara, kecuali telapak kakinya saja yang masih tertambat dalam sangkar. Komitmenku sekarang seperti itu juga. Aku tidak memiliki sisa2 syahwat untuk menetap tinggal di dunia. Aku tidak berkenan sahabat-sahabatku memberiku sedikit pun sedekah dari dunia. Aku juga tidak berkenan mereka mengingatkanku sedikit pun tentang hiruk pikuk dunia, kecuali hal yang menurut syara’ lazim bagiku. Di antara aku dan dia ada Allah.”

Lantas, apa yang harus kita lakukan menginjak usia 40 tahun?
1. Meneguhkan tujuan hidup
2. Meningkatkan daya spiritual
3. Menjadikan uban sebagai peringatan
4. Memperbanyak bersyukur
5. Menjaga makan dan tidur
6. Menjaga istiqamah dalam ibadah.

Jika ada yang mengatakan bahawa: Life began at forty, saya cenderung berpendapat kehidupan yang dimaksudkan ialah kehidupan terarah kepada mendekatkan diri kepada penciptaNya dengan sebenar-benarnya. Tetapi satu perkara yang kita harus sentiasa sedar bahawa kematian memanggil kita bila-bila masa tanpa tanda, tanpa alamat dan tanpa mengira usia. Jika kita beranggapan harus menunggu usia 40 tahun untuk baru memulakan kehidupan yang dimaksudkan di atas, maka rugi dan sia-sia lah hidup kita jika umur kita tidak panjang.

Maksud sabda Nabi Muhammad S.A.W ," Orang yang bijak adalah orang yang selalu mengingati mati".

Ramai manusia tertipu dengan keindahan dunia dan isinya yang bersifat sementara. Sejak Nabi Adam as. sehingga kini, kesemuanya telah kembali kepada Allah swt. tidak kira kaya atau miskin, berpangkat atau tidak. Mengingati mati bukan bermakna kita akan gagal di dunia tetapi dengan mengingati mati kita akan menjadi insan yang berjaya di dunia dan di akhirat. janganlah menunggu sehingga esok untuk membuat persediaan menghadapi kematian, kerana mati boleh datang pada bila-bila masa..

JOM PAKAT2 Share✔

Sumber : https://www.facebook.com/UstazYouTube

LAST_UPDATED2  

Add comment


Security code
Refresh

Kisah Inspiratif
Kisah Malik, Putri Kecil dan Ular Besar Kisah Malik, Putri Kecil dan Ular Besar Aku adalah seorang petugas keamanan di masa mudaku dan suka dengan khamr. Aku minum anggur siang ... Read more
Dosa yang Lebih Hebat dari Berzina Dosa yang Lebih Hebat dari Berzina Pada suatu senja yang lenggang, terlihat seorang wanita berjalan terhuyung-huyung. Pakaiannya ya... Read more
SEE-DO-GET SEE-DO-GET Sekelompok wisatawan tertahan di suatu tempat asing di luar kota. Mereka hanya menemukan bah... Read more
Kerdil di Hadapan Sang Pencipta Kerdil di Hadapan Sang Pencipta Beberapa waktu lalu, saya diingatkan oleh salah satu imam masjid, agar ikut sholat hajat sesudah s... Read more
Tidak Seperti Yang Terlihat Tidak Seperti Yang Terlihat Anda sedang sedih merenungi nasib ?  Merasa anda menjalani skenario kehidupan yang tidak menyenangka... Read more
Kisah Wortel, Telur dan Kopi Kisah Wortel, Telur dan Kopi Seorang anak mengeluh pada ayahnya mengenai kehidupannya dan menanyakan mengapa hidup ini terasa be... Read more
1.000 Vs 100.000 1.000 Vs 100.000 Uang Rp.1000 dan Rp 100.000 sama-sama terbuat dari kertas, sama-sama dicetak dan diedarkan oleh da... Read more
Renungan sebuah pernikahan, Antara Harapan dan Kenyataan Renungan sebuah pernikahan, Antara Harapan dan Kenyataan  Saat Fulanah masih seorang gadis, yang ada di benaknya dan yang kemudian menjadi tekadnya adalah... Read more
Pembelajaran Bagi Orang Tua Dalam Memilih Menantu Pembelajaran Bagi Orang Tua Dalam Memilih Menantu  Saudaraku.. Suatu hari Yazid bin Muawiyah ra datang menemui Abu Darda ra untuk menyunting putriny... Read more
Kaya Dan Miskin Kaya Dan Miskin Satu hari, seorang ayah yang berasal dari keluarga kaya membawa anaknya dalam satu perjalanan kel... Read more
Hidup Janganlah Seperti Truk Sampah Hidup Janganlah Seperti Truk Sampah Suatu hari ada sebuah taxi yang menuju ke Bandara. Taxi itu melaju pada jalur yg benar ketika tiba... Read more
Renungan Buat Suami Dan Isteri Renungan Buat Suami Dan Isteri A) WAHAI PARA SUAMI, Apakah membebanimu wahai hamba Allah, untuk tersenyum di hadapan isterimu ... Read more
Asuransi Illahi Asuransi Illahi Ada dua saudagar… salah satunya berasal dari Kuwait dan satunya lagi berasal dari Saudi Arabia... Read more
Dampingi Aku Selamanya... Dampingi Aku Selamanya... Disebuah rumah sederhana yang asri tinggal sepasang suami istri yang sudah memasuki usia senja. P... Read more
10 Wasiat Ibu Kepada Putrinya, Sang Pengantin Baru 10 Wasiat Ibu Kepada Putrinya, Sang Pengantin Baru Wahai anakku, peganglah 10 wasiat ini, insya Allah kebahagiaan akan menjadi milikmu. Pertama, iri... Read more
Menyederhanakan Kriteria Calon Pasangan Hidup Menyederhanakan Kriteria Calon Pasangan Hidup Bisa jadi, menikah menjadi satu-satunya ibadah yang paling banyak dipertimbangkan sebelum seseora... Read more
Hakikat dan Rahasia Ujian Allah Hakikat dan Rahasia Ujian Allah Ujian adalah sebuah keniscayaan dalam kehidupan. Sebagai pribadi biasa atau pribadi yang bertitel... Read more
Kisah Ayah dan Anak Menemukan Kisah Ayah dan Anak Menemukan "Surga" Di suatu sore, seorang anak datang kepada ayahnya yang sedang membaca koran… anak : “Ayah, ayah,” ... Read more
Kisah Tahajjud Seorang Pengangguran Kisah Tahajjud Seorang Pengangguran Bismillahir-Rahmaanir-Rahim .. Banyak orang bergembira selepas lulus kuliah. Namun tidak demikian... Read more
Kisah Jin Penghalang Jodoh Kisah Jin Penghalang Jodoh Ustadz Zunaidi, seorang praktisi Ruqyah Syar’iyah menceritakan salah satu kasus yang ditanganinya.... Read more
Pilihan Bahasa :

Keadaan Perkara

An Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image Slideshow
 
spinner

Log-in

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday498
mod_vvisit_counterYesterday7002
mod_vvisit_counterThis week13122
mod_vvisit_counterLast week22316
mod_vvisit_counterThis month68644
mod_vvisit_counterLast month65338
mod_vvisit_counterAll days3559084
We have: 49 guests, 1 bots online
Your IP: 54.166.150.10
 , 
Today: Okt 20, 2017

Hakim

Pegawai

An Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image Slideshow 
spinner

Situs Terkait











Aplikasi Online Satker

URL Aplikasi Online
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan

Link PA Se-Sumbar

















Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Support Online

Admin Vera
Telephone number of Admin Vera 0752-76040

Secured by Siteground Web Hosting