• Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
  • JoomlaWorks Simple Image Rotator
STANDARD OPERATING PROSEDURE (SOP)

STANDARD OPERATING PROSEDURE (SOP) KEPANITERAAN DAN KESEKRETARIATAN
SELENGKAPNYA....
PROSEDUR DAN PROSES BERPERKARA

PROSEDUR DAN PROSES BERPERKARA DI PENGADILAN AGAMA LUBUK BASUNG.
SELENGKAPNYA....
PERSYARATAN PENDAFTARAN PERKARA

PERSYARATAN KELENGKAPAN SURAT/ BERKAS PENGAJUAN PERKARA DI PENGADILAN AGAMA LUBUK BASUNG
SELENGKAPNYA....
PROSEDUR PEMBAYARAN VIA BANK

PROSEDUR PEMBAYARAN PANJAR BIAYA PERKARA LEWAT BANK DI PENGADILAN AGAMA LUBUK BASUNG
SELENGKAPNYA....
PROSEDUR PENGEMBALIAN SISA PANJAR
PROSEDUR PENGEMBALIAN SISA PANJAR BIAYA PERKARA DI PENGADILAN AGAMA LUBUK BASUNG
SELENGKAPNYA....
PROSEDUR PERMOHONAN PRODEO

PROSEDUR BERPERKARA SECARA CUMA-CUMA (PRODEO) DI PENGADILAN AGAMA LUBUK BASUNG.
SELENGKAPNYA....
PROSEDUR EKSEKUSI

PROSEDUR EKSEKUSI DI PENGADILAN AGAMA LUBUK BASUNG.
SELENGKAPNYA....


ketua_sambutan.jpgSelamat datang dan selamat berkunjung kami ucapkan kepada seluruh pengunjung website ini. Salam hangat juga kami sampaikan kepada seluruh pengguna dan pengunjung Situs Resmi Pengadilan Agama Lubuk Basung di manapun anda berada.

Kini, hanya dengan mengakses alamat kami di http://pa-lubukbasung.go.id baik dari komputer, laptop, tablet maupun smartphone, anda akan mendapatkan beragam informasi penting yang kami sajikan, mulai dari prosedur berperkara, jadwal persidangan, berita-berita terbaru dan informasi lainnya yang sangat berharga dan berkaitan dengan penyelenggaraan badan peradilan yang modern, transparan dan akuntabel. Dan menariknya, bagi para pengguna jejaring media sosial facebook, hanya dengan "like" halaman (fanspage) Pengadilan Agama Lubuk Basung, anda akan mendapatkan up-date berita terbaru.

Kami sadari bahwa website ini masih banyak kekurangan baik dari sisi tampilan, menu, maupun informasi dan data. Namun demikian, kami selalu berinovasi dan berkreasi demi terciptanya pelayanan dan penyelenggaraan peradilan yang berbasis pemanfaatan teknologi informasi yang modern dan terintegrasi, khususnya bagi masyarakat pencari keadilan di Kabupaten Agam.

Ketua Pengadilan Agama Lubuk Basung,

Drs. ASLAM

 

Statistik Perkara Tahun 2017
Per Kasus
Per Umur
Per Kecamatan
Home

Ini Sebabnya Mengapa dalam Islam Ada Ilmu Waris

Email Cetak PDF

SEBAGAI umat Muslimin, tentu kita menyadari betul bahwa tidak ada satupun lini kehidupan ini yang luput dari pembahasan Islam. Termasuk salah satunya ilmu warisa atau ilmu faraidh.

Dalam ayat-ayat Mawaris, Allah menjelaskan bagian setiap ahli waris yang berhak mendapatkan warisan, menunjukkan bagian warisan dan syarat-syaratnya menjelaskan keadaan-keadaan dimana manusia mendapat warisan dan dimana ia tidak memperolehnya, kapan ia mendapat warisan dengan penetapan atau menjadi ashobah (menunggu sisa atau mendapat seluruhnya) atau dengan kedua-duanya sekaligus dan kapan ia terhalang untuk mendapatkan warisan sebagian dan seluruhnya.

Begitu besar derajat Ilmu Faraidh bagi umat Islam sehingga oleh sebagian besar ulama dikatakan sebagai separoh Ilmu. Hal ini didasarkan kepada hadis Rasulullah saw yang diriwayatkan oleh Ahmad, Nasa’i dan Daru Quthni: “Pelajarilah Al-Qur’an dan ajarkanlah kepada orang-orang, pelajarilah ilmu faraidh dan ajarkanlah ilmu itu kepada orang-orang, karena aku adalah manusia yang akan direnggut (wafat), sesungguhnya ilmu itu akan dicabut dan akan timbul fitnah hingga kelak ada dua orang berselisihan mengenai pembagian warisan, namun tidak ada orang yang memutuskan perkara mereka.”

Hadits ini menempatkan perintah mempelajari dan mengajarkan ilmu faraidh sejalan dengan perintah mempelajari dan mengajarkan Al-Qur’an. Ini tidak lain menunjukkan bahwa ilmu faraidh merupakan cabang ilmu yang cukup penting dalam rangka mewujudkan keadilan dalam masyarakat.

Lagipula tidak jarang naluriah menusia cenderung materialistik, serakah, tidak adil, dan mengorbankan kepentingan orang lain demi memenangkan hak-haknya sendiri. Maka disinilah letak pentingnya kegunaan ilmu mawaris, hingga wajib dipelajari dan diajarkan. Agar di dalam pembagian warisan, setiap orang mentaati ketentuan yang telah diatur dalam al-Qur’an secara detail.

Hadis tersebut juga menunjukkan bahwa Rasulullah SAW memerintahkan kepada umat Islam untuk mempelajari dan mengajarkan ilmu faraidh, agar tidak terjadi perselisihan-perselisihan dalam pembagian harta peninggalan, disebabkan ketiadaan ulama faraidh.

Perintah tersebut mengandung perintah wajib. Kewajiban mempelajari dan mengajarkan ilmu itu gugur apabila ada sebagian orang yang telah melaksanakannya. Jika tidak ada seorang pun yang melaksanakannya, maka seluruh umat Islam menanggung dosa, disebabkan melalaikan suatu kewajiban.

Selain hadits di atas, di bawah ini juga beberapa hadits Nabi SAW yang menjelaskan beberapa keutamaan dan anjuran untuk memelajari dan mengajarkan ilmu faraidh:

Abdullah bin Amr bin al-Ash ra. berkata bahwa Nabi SAW bersabda, “Ilmu itu ada tiga, selain yang tiga hanya bersifat tambahan (sekunder), yaitu ayat-ayat muhakkamah (yang jelas ketentuannya), sunnah Nabi saw. yang dilaksanakan, dan ilmu faraidh,” (HR Ibnu Majah)

Abu Hurairah r.a. berkata bahwa Nabi saw. bersabda, “Pelajarilah ilmu faraidh serta ajarkanlah kepada orang lain, karena sesungguhnya, ilmu faraidh setengahnya ilmu; ia akan dilupakan, dan ia ilmu pertama yang akan diangkat dari umatku,” (HR Ibnu Majah dan ad-Darquthni)

Dalam riwayat lain disebutkan, “Pelajarilah ilmu faraidh, karena ia termasuk bagian dari agamamu dan setengah dari ilmu. Ilmu ini adalah yang pertama kali akan dicabut dari umatku,” (HR Ibnu Majah, al-Hakim, dan Baihaqi)

Karena pentingnya ilmu faraidh, para ulama sangat memperhatikan ilmu ini, sehingga mereka seringkali menghabiskan sebagian waktu mereka untuk menelaah, mengajarkan, menuliskan kaidah-kaidah ilmu faraidh, serta mengarang beberapa buku tentang faraidh. Mereka melakukan hal ini karena anjuran Rasulullah SAW di atas.

UMAR bin Khattab telah berkata, “Pelajarilah ilmu faraidh, karena ia sesungguhnya termasuk bagian dari agama kalian.” Kemudian Amirul Mu’minin berkata lagi, “Jika kalian berbicara, bicaralah dengan ilmu faraidh, dan jika kalian bermain-main, bermain-mainlah dengan satu lemparan.” Kemudian Amirul Mu’minin berkata kembali, “Pelajarilah ilmu faraidh, ilmu nahwu, dan ilmu hadits sebagaimana kalian mempelajari Al-Qur’an.”

Ibnu Abbas ra. berkomentar tentang ayat Al-Qur’an yang berbunyi, “Jika kamu (hai para muslimin) tidak melaksanakan apa yang telah diperintahkan Allah, niscaya akan terjadi kekacauan di muka bumi dan kerusakan yang besar,” (Al-Anfaal – 73), menurut beliau makna ayat di atas adalah jika kita tidak melaksanakan pembagian harta waris sesuai yang diperintahkan Allah swt. kepada kita, niscaya akan terjadi kekacauan di muka bumi dan kerusakan yang besar.

Abu Musa al-Asy’ari ra. berkata, “Perumpamaan orang yang membaca Al-Qur’an dan tidak cakap (pandai) di dalam ilmu faraidh, adalah seperti mantel yang tidak bertudung kepala.”

Demikianlah, ilmu faraidh merupakan pengetahuan dan kajian para sahabat dan orang-orang shaleh dahulu, sehingga menjadi jelas bahwasanya ilmu faraidh termasuk ilmu yang mulia dan perkara-perkara yang penting di mana sandaran utama ilmu ini ialah dari Al-Qur’an dan sunnah Rasul-Nya.

Masalah harta peninggalan biasanya menjadi sumber sengketa dalam keluarga. Terutama apabila menentukan siapa yang berhak dan siapa yang tidak berhak menerima. Dan juga seberapa banyak haknya. Hal ini mnimbulkan perselisihan dan akhirnya menimbulkan keretakan kekeluargaan. Orang ingin berlaku seadil-adilnya, tetepi belum tentu orang lain menganggap adil.

Oleh karena itu, didalam Islam memberikan ketentuan-ketentuan yang konkret mengenai hak waris. Sehingga apabila dilandasi ketaqwaan kepada Allah SWT semuanya akan berjalan lancar dan tidak akan menimbulkan sengketa, bahkan kerukunan keluargapun akan tercapai. Ketentuan dari Allah SWT itu sudah pasti. Bagian-bagian dari siapa yang mendapatkan sudah ditentukan . Semua kebijaksanaan dalam hal ini adalah dari Allah SWT. Disamping itu, adalah kewajiban umat Islam untuk mengetahui ketentuan-ketentuan yang telah diberikan oleh Allah SWT.

Nabi Muhammad SAW bersabda : “Bagilah harta benda diantara ahli-ahli waris menurut Kitabullah,” (HR. Muslim Dan Abu Dawud).

Di samping itu Allah berfirman : “Dan siapa yang melanggar Allah dan Rosul-Nya melampaui batas ketentuannya, Allah akan memasukannya kedalam api neraka, ia kekal di situ, dan iapun mendapatkan siksa yang menghinakan,” (QS. An-Nisa : 14).

Dengan demikian semuanya termasuk apabila terdapat perselisihan, di kembalikan kepada Allah SWT dan Rasul-Nya. Sehingga tidak ada celah-celah untuk saling sengketa dan bertengkar. Dan karena itu kekeluargaan dan hubungan tetap terbina dengan baik serta rukun dan tenteram.

Sumber : Sumber:
- Halaqah.net
- Hariswandi.wordpress.com

http://www.islampos.com/ini-sebabnya-mengapa-dalam-islam-ada-ilmu-waris-1-152396/

 

Add comment


Security code
Refresh

Kisah Inspiratif
Kisah Malik, Putri Kecil dan Ular Besar Kisah Malik, Putri Kecil dan Ular Besar Aku adalah seorang petugas keamanan di masa mudaku dan suka dengan khamr. Aku minum anggur siang ... Read more
Dosa yang Lebih Hebat dari Berzina Dosa yang Lebih Hebat dari Berzina Pada suatu senja yang lenggang, terlihat seorang wanita berjalan terhuyung-huyung. Pakaiannya ya... Read more
SEE-DO-GET SEE-DO-GET Sekelompok wisatawan tertahan di suatu tempat asing di luar kota. Mereka hanya menemukan bah... Read more
Kerdil di Hadapan Sang Pencipta Kerdil di Hadapan Sang Pencipta Beberapa waktu lalu, saya diingatkan oleh salah satu imam masjid, agar ikut sholat hajat sesudah s... Read more
Tidak Seperti Yang Terlihat Tidak Seperti Yang Terlihat Anda sedang sedih merenungi nasib ?  Merasa anda menjalani skenario kehidupan yang tidak menyenangka... Read more
Kisah Wortel, Telur dan Kopi Kisah Wortel, Telur dan Kopi Seorang anak mengeluh pada ayahnya mengenai kehidupannya dan menanyakan mengapa hidup ini terasa be... Read more
1.000 Vs 100.000 1.000 Vs 100.000 Uang Rp.1000 dan Rp 100.000 sama-sama terbuat dari kertas, sama-sama dicetak dan diedarkan oleh da... Read more
Renungan sebuah pernikahan, Antara Harapan dan Kenyataan Renungan sebuah pernikahan, Antara Harapan dan Kenyataan  Saat Fulanah masih seorang gadis, yang ada di benaknya dan yang kemudian menjadi tekadnya adalah... Read more
Pembelajaran Bagi Orang Tua Dalam Memilih Menantu Pembelajaran Bagi Orang Tua Dalam Memilih Menantu  Saudaraku.. Suatu hari Yazid bin Muawiyah ra datang menemui Abu Darda ra untuk menyunting putriny... Read more
Kaya Dan Miskin Kaya Dan Miskin Satu hari, seorang ayah yang berasal dari keluarga kaya membawa anaknya dalam satu perjalanan kel... Read more
Hidup Janganlah Seperti Truk Sampah Hidup Janganlah Seperti Truk Sampah Suatu hari ada sebuah taxi yang menuju ke Bandara. Taxi itu melaju pada jalur yg benar ketika tiba... Read more
Renungan Buat Suami Dan Isteri Renungan Buat Suami Dan Isteri A) WAHAI PARA SUAMI, Apakah membebanimu wahai hamba Allah, untuk tersenyum di hadapan isterimu ... Read more
Asuransi Illahi Asuransi Illahi Ada dua saudagar… salah satunya berasal dari Kuwait dan satunya lagi berasal dari Saudi Arabia... Read more
Dampingi Aku Selamanya... Dampingi Aku Selamanya... Disebuah rumah sederhana yang asri tinggal sepasang suami istri yang sudah memasuki usia senja. P... Read more
10 Wasiat Ibu Kepada Putrinya, Sang Pengantin Baru 10 Wasiat Ibu Kepada Putrinya, Sang Pengantin Baru Wahai anakku, peganglah 10 wasiat ini, insya Allah kebahagiaan akan menjadi milikmu. Pertama, iri... Read more
Menyederhanakan Kriteria Calon Pasangan Hidup Menyederhanakan Kriteria Calon Pasangan Hidup Bisa jadi, menikah menjadi satu-satunya ibadah yang paling banyak dipertimbangkan sebelum seseora... Read more
Hakikat dan Rahasia Ujian Allah Hakikat dan Rahasia Ujian Allah Ujian adalah sebuah keniscayaan dalam kehidupan. Sebagai pribadi biasa atau pribadi yang bertitel... Read more
Kisah Ayah dan Anak Menemukan Kisah Ayah dan Anak Menemukan "Surga" Di suatu sore, seorang anak datang kepada ayahnya yang sedang membaca koran… anak : “Ayah, ayah,” ... Read more
Kisah Tahajjud Seorang Pengangguran Kisah Tahajjud Seorang Pengangguran Bismillahir-Rahmaanir-Rahim .. Banyak orang bergembira selepas lulus kuliah. Namun tidak demikian... Read more
Kisah Jin Penghalang Jodoh Kisah Jin Penghalang Jodoh Ustadz Zunaidi, seorang praktisi Ruqyah Syar’iyah menceritakan salah satu kasus yang ditanganinya.... Read more
Pilihan Bahasa :

Keadaan Perkara

An Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image Slideshow
 
spinner

Log-in

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday460
mod_vvisit_counterYesterday7002
mod_vvisit_counterThis week13084
mod_vvisit_counterLast week22316
mod_vvisit_counterThis month68606
mod_vvisit_counterLast month65338
mod_vvisit_counterAll days3559046
We have: 18 guests, 2 bots online
Your IP: 54.166.150.10
 , 
Today: Okt 20, 2017

Hakim

Pegawai

An Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image SlideshowAn Image Slideshow 
spinner

Situs Terkait











Aplikasi Online Satker

URL Aplikasi Online
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan

Link PA Se-Sumbar

















Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Support Online

Admin Vera
Telephone number of Admin Vera 0752-76040

Secured by Siteground Web Hosting